Doa Pengantin Baru Agar Shahih dalam Islam

Doa Pengantin Baru Agar Shahih dalam Islam – Memberikan ucapan selamat bagi pasangan pengantin yang baru menikah sudah umum dilakukan oleh setiap muslim di dunia. Menikah memang penyempurna agama kita, sehingga setiap orang yang sudah bertemu dengan jodohnya dianjurkan untuk segera melakukan akad dan mulai membangun biduk rumah tangga secepat mungkin.

Baca Juga : Doa Rujuk Kembali Untuk Pasangan Suami Istri

Doa Pengantin Baru Agar Shahih Dalam Islam

Saat menghadiri resepsi penikahan teman atau kerabat, selain mengucapkan selamat kepadanya, ada baiknya bagi kita untuk turut memanjatkan doa kepada Alloh SWT agar kedua mempelai memperoleh kebaikan dari pernikahannya. Doa untuk pengantin baru menurut sunah Rosululloh SAW yang baik adalah doa dengan bacaan atau lafal bahasa Arab sebagai berikut:

Latinnya : “Baaarokalloohu Laka Wa Baaroka ‘Alaika Wa Jama’a Bainakumaa Fiii Khoirin.”

Artinya : “Mudah-mudahan Allah memberkahi engkau dalam segala hal (yang baik) dan mempersatukan kamu berdua dalam kebaikan .”

Dari pada mendoakan dengan ucapan lain yang tidak sesuai tuntunan Islam, seperti mendoakan agar dikaruniai anak banyak atau doa semoga langgeng, dan lain sebagainya, doa pengantin baru seperti yang tertulis di atas tentu memiliki banyak keutamaan.

Etika dan Tips Menghadiri Undangan Pernikahan

Selain membaca Doa Pengantin Baru Agar Shahih dalam Islam, saat menghadiri undangan pernikahan ada beberapa tips atau etika yang mungkin dapat Anda ikuti agar Anda dan pasangan lebih pantas dipandang oleh khalayak. Berikut tipsnya :

  1. Saat akan berangkat, pastikan Anda dan pasangan mengenakan pakaian yang rapi, sopan, dan sesuai dengan tema pernikahan (bila ada).
  2. Memasuki tempat resepsi, usahakan wanita ada di posisi berjalan lebih depan. Bukan dibelakang atau berjajar di samping pria pasangannya.
  3. Di barisan among tamu, wanita bersalaman dengan barisan among tamu putri, sedangkan pria bersalaman dengan barisan among tamu pria. Jika barisan among tamu hanya ada satu, maka si pria berada tetap di depan si wanita.
  4. Untuk mengisi buku tamu, sebaiknya prialah yang menuliskannya, termasuk saat memasukan amplop ke dalam kotak yang disediakan.
  5. Bila disediakan sovenir pernikahan, sebaiknya prialah yang menerima, tapi seketika itu dapat langsung diberikan ke si wanita untuk dimasukan ke dalam tasnya.
  6. Saat menyalami mempelai atau mengambil hidangan, pertahankanlah posisi berjalan wanita di depan, sedang pria tetap di belakangnya.
  7. Jangan lupa panjatkan doa pengantin baru di atas agar mempelai mendapatkan kebaikan lebih.
  8. Saat hendak duduk mencari kursi, usahakan si prialah yang menentukan posisi.
  9. Giliran berpamitan, posisi pria kembali ada di depan, wanita beralih ke posisi belakang. Posisi ini dipertahankan hingga melewati pintu keluar.

 

Pelajari Juga : Ilmu Mahabbah Ar Rahman, ilmu mengharmoniskan Rumah Tangga

mahabbah-ar-rahman
Nah, itulah tips menghadiri resepsi penikahan dan doa untuk pengantin baru yang dapat kami sampaikan. Semoga dapat membantu Anda dan sahabat atau kerabat Anda yang menjadi pengantin bisa memperoleh barokah dari-Nya. Amin.

1,239 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Mahabbah Lainnya: